Klasifikasi Programer

Sebagai orang yang juga bergelut dengan perancangan dan pembuatan program, aku merasa ada beberapa jenis programer. secara kasar klasifikasinya adalah sebagai berikut:

Programmer Tugas Kuliah
Biasanya programer jenis banyak dari mahasiswa tingkat awal. Mereka mengerjakan program hanya melakukan perubahan minor dari program sebelumnya yang sejenis (yang juga produk kegiatan yang sama). Programer jenis ini kadang tidak sadar mengenai hal yang mereka sebenarnya lakukan.

Programer Kasual
Programer kasual mempelajari beberapa bahasa pemrograman, namun dalam prakteknya dia hanya ada 1-3 (4 kalau overflow) bahasa pemrograman yang sering dipakai. Pemilihan bahasa pemrograman ditunjukkan oleh beberapa faktor: kebiasaan, alasan praktikal, kapabilitas, dan keren-kerenan. Biasanya didominasi mahasiswa terlambat lulus, hobbyist, dosen yang sibuk mengajar (jadi sedikit riset), atau teknisi yang sudah banyak uang.

Programer Akademisi
Akademisi yang melakukan riset yang secara langsung menggunakan komputer, menggunakan perangkat-perangkat lunak spesifik untuk riset yang mereka lakukan. DI waktu lain progamer ini menghabiskan setidaknya 5 jam sepekan membaca jurnal ilmiah, juga terkadang menyusun proposal untuk pengajuan dana riset. Pada tingkat yang lebih tinggi, programer akademisi menggunakan sumber daya komputer dalam skala besar untuk riset yang relevansinya dengan kehidupan sehari-hari susah dicerna oleh kebanyakan orang.

Teknisi
Bisa segera memahami dokumentasi, datasheet atau manpage. Mereka dipekerjakan sebagai jabatan mengengah ke bawah pada perusahaan besar, kalau tidak bekerja di perusahaan kecil-kecilan mereka sendiri.

Endorser
Teksini yang dibayar mahal perusahaan untuk memberi promosi ke mana-mana, biasanya bentuk promosinya gathering di cafe, demo, sambil bagi-bagi hadiah. Di sat tidak melakukan promosi, programer jenis endorser biasanya duduk di depan rig komputer kelas "serem" di kantornya, memainkan IDE resmi perusahaan.

Hacker
Programer ini bisa menggunakan debugger secara efesien, mengenal struktur program pada level assembly, mengembangkan cara kerja yang mangkus dan sangkil (menurut parameter mereka sendiri) di lingkungan kerja mereka. Terlibat sebagai orang pangkat tinggi dalam proyek yang dikelola l33t kalau tidak sedang mengelola proyeknya sendiri (yang skalanya relatif lebih kecil), dan memiliki akses ke perangkat-perangkat keras eksotis. Umumnya secara "simbolis" dipekerjakan di perusahaan besar yang berkaitan dengan komputer.

l33t
Progamer jenis ini yang kita sebut "dewa", suatu bentuk transformasi tambahan dari hacker. Mereka menguasai berbagai bahasa pemrograman; namun dengan berbagai pertimbangan pribadi mereka hanya menggunakan bahasa tertentu. Punya proyek perangkat lunak dalam skala masif dan hanya muncul di publik untuk mempromosikan idealisme mereka, biasanya mempunyai jabatan asosiat di universitas terkemuka.

Klasifikasinya boleh beririsan satu-sama lain, kita bebas jadi yang mana.

0 rants:

Posting Komentar