Bluetooth di Salix64

Setelah lama memendam (sedikit) rasa iri sama orang-orang yang laptopnya dipasangin desktop manager KDE atau Gnome yang aplikasi Bluetooth-nya berjalan dengan baik, dan koherensi instlasi paket di Slackware (dan turunan) yang ga pernah jelas dari dulu--akhirnya saya bisa pakai Bluetooth dengan mudah dan nyaman di Salix64 13.37.

Sederhana saja, sih (tapi kok dari dulu ga kelar-kelar, ya? :D ), kita hanya perlu memastikan bahwa perangkat keras adapter Bluetooth dikenali dengan baik oleh kernel, instalasi beberapa paket termasuk aplikasi GUI yang memudahkan penggunaan, soalnya ga bakal nyaman kalau tiap mau pairing harus hciconfig, hcitool. atau waktu kirim-terima file harus obexls, obexget, obexput.

Beruntungnya, Salix64 13.37 (kernel 2.6.37.6--lama banget, yak?) dari awal sudah mengenali adapter Bluetooth Widcomm yang tertanam di senjata saya (Aspire 4720z), begitu tombol adapter ditekan langsung ada LED warna biru menyala dan interface terbaca dari hciconfig.

Langkah selanjutnya instalasi paket-paket, semuanya aku ambil dari Slackware64 13.37. Paket-paketnya antara lain:
- blueman-r708,
- bluez-firmware-1.2,
- bluez-hcidump-2.0,
- bluez-4.91,
- obex-data-server-0.4.5-x86_64-2
- obexfs-0.12,
- obexftp-0.23-x86_64-5
- openobex-1.5


Atur rc.bluetooth sehingga bisa dieksekusi dengan chmod +x /etc/rc.d/rc.bluetooth agar bluetoothd (milik bluez) dapat berkomunikasi dengan dbus (yang aku belum paham mekanismenya gimana, hehe)

Setelah itu tinggal reboot, nyalakan adapter Bluetooth, jalankan blueman-applet, nanti bakal muncul icon Bluetooth di tray. Enjoy!

0 rants:

Posting Komentar